4 Keunggulan Membeli Rumah Inden?


keunggulan membeli rumah inden
Oleh Ojon Abi ZidnaDiposting pada 10/03/2018
Hingga saat ini, properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Salah satu jenis properti yang diburu oleh masyarakat dan juga investor adalah rumah. Tentunya jika dibandingkan dengan jenis properti lain. Rumah masih menjadi idola dan primadona karena memiliki nilai jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen.

Jika Anda ingin membeli rumah, pasti akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu pilihan untuk membeli rumah inden atau membeli rumah ready stock. Apalagi akad yang digunakan dalam properti syariah adalah istishna’ yang sering diartikan pesan bangun. Maka kebanyakan hunian yang diperjual belikan masih dalam tahap pembangunan (inden)

Namun, tahukah Anda…

Rumah inden ternyata memberikan banyak keunggulan, di antaranya :

1. Anda akan mendapatkan Harga Perdana, selisihnya jauh dari harga ketika rumah sudah jadi.
Ini adalah salah satu rahasia mengapa orang kaya semakin kaya. Yup.. investasi properti atau rumah dikala semuanya masih belum matang. Atau masih lahan kosong.

Termasuk disaat membeli rumah. Rumah inden adalah incaran para investor properti.

Developer biasanya akan mengeluarkan harga perdana disaat semuanya belum jadi secara fisik. Dan ketika saatnya rumah dan lingkungan perumahan tersebut jadi, maka harga yang berlaku biasanya jauh sekali selisihnya jika dibandingkan ketika masih inden

2. Biasanya ada promo-promo menarik
Ketika menawarkan rumah inden yang belum terlihat wujudnya, tentunya developer akan menyiapkan gimmick-gimmcik atau promo-promo spesial agar penawaran mereka tetap terlihat sebagai penawaran yang sangat baik dan menarik.

promo the ortensia maret
3. Bisa membangun rumah impian Anda benar-benar sesuai seperti yang Anda impikan.
Bagi Anda yang sudah membayangkan secara detail mau seperti apa bentuk, situasi, dan kondisi rumah impian Anda, membeli rumah secara inden adalah keputusan yang sangat disarankan.

Mengapa demikian?

Yes.. Karena membeli rumah secara inden berarti Anda juga bisa mendesain denah rumah sesuai yang Anda dan keluarga impikan dari 0. Sehingga Anda ketika nantinya rumah tersebut sudah jadi, Anda akan merasa bahwa rumah tersebut adalah benar-benar rumah Anda. Istilahnya rumah yang “gue banget”.

4. Kondisi rumah 100% baru
Lebih enaknya lagi, setelah selesai masa pembangunan, Anda akan menikmati rumah yang masih benar-benar baru. Tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh umur dari rumah tersebut.

Salah satu resiko membeli rumah yang ready stock adalah Anda seringkali tidak diberitahu secara jujur berapa lama rumah tersebut telah jadi. Karena semakin lama umur sebuah rumah dan diiringi kurangnya perawatan, maka akan menyebabkan kualitas bangunan tersebut menjadi turun. Efeknya, Anda harus menyiapkan budget untuk renovasi rumah kembali.

Itulah beberapa keunggulan membeli rumah inden yang kami paparkan.

Semoga bermanfaat dan tiada lagi keraguan Anda dalam memilih rumah secara syariah dan membelinya dengan sistem inden (pesan dahulu, dibangun kemudian).

Lebih baik sabar menunggu 12 – 24 bulan kan? Daripada Anda ngotot membeli rumah ready stok di developer konvensional, namun tidak mendapat keridhoan Allah SWT